Obyek Wisata Candi Borobudur

Obyek Wisata Candi Borobudur

Candi Borobudur adalah candi Buddha paling besar di Indonesia, bahkan paling besar di Dunia. UNESCO tinggalkannya untuk salah satunya situs warisan dunia di tahun 1991. Kecuali jadi cagar budaya dunia, Candi Borobudur jadi salah satunya obyek wisata yang menarik banyak perhatian pelancong domestik dan luar negeri.

Obyek Wisata Candi Borobudur

Candi Borobudur mempunyai luas 123 x 123 mtr. persegi serta terbagi dalam 10 tingkat. Bangunannya tersusun dari balok vulkanik yang membuat 504 arca, 72 stupa serta satu stupa induk besar di puncaknya. Khasnya, balok-balok ini tersusun tanpa ada memakai perekat atau semen, kompleks ini seperti terlihat satu formasi lego raksasa.

Candi Borobudur adalah salah satunya obyek wisata di Jateng yang benar-benar populer tidak cuma di negeri saja, tetapi sampai semua pelosok dunia. Kehadirannya yang sempat juga jadi satu dari tujuh keajaiban dunia untuk salah satunya candi Buddha paling besar di dunia jadi salah satunya background kenapa candi yang ini namanya demikian mendunia.

Candi Borobudur dikatakan sebagai salah satunya mahakarya paling besar manusia selama riwayat. Formasi balok vulkanik serta pahatan reliefnya sebuah karya seni yang tidak tertandingi nilainya. Obyek wisata ini jadi bukti perkembangan peradaban manusia jaman dulu dalam bagian arsitektur, tehnologi serta seni sastra.

Di kompleks ini ada dua museum yakni Museum Samudera Raksa serta Museum Karmawibhangga. Museum Samudera Raksa berisi beberapa koleksi serta info tentang riwayat perdagangan Asia – Afrika pada jaman dulu, sedang Museum Karmawibhangga berisi info tentang pembangunan Candi Borobudur.

Tidak cuma bangunan candi yang mengundang perhatian, tetapi panorama alam di sekelilingnya. Di samping selatan candi ada Bukit Manoreh yang bila disaksikan memiliki bentuk seperti seorang dalam tempat tidur. Kecuali Bukit Manoreh, masih ada Gunung Sumbing, Gunung Sindoro, Gunung Merbabu, serta Gunung Merapi yang melingkari bangunan istimewa ini.

Candi Borobudur sering banyak disalah ketahui oleh sejumlah besar wisatawan untuk obyek wisata di Yogyakarta. Banyak orang yang mengenali Candi Borobudur untuk salah satunya obyek wisata di Jogjakarta. Ini tidak lain sebab letak Candi Borobudur yang benar-benar sangat dekat sama Kota Yogyakarta. Alamat Candi Borobudur berada di Jl. Badrawati, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

Kota Yogyakarta sendiri untuk salah satunya kota arah wisata yang benar-benar mendunia membuatnya kota yang benar-benar maju pariwisatanya serta banyak didatangi beberapa pelancong dari beberapa negara. Serta beberapa pelancong yang tiba ke Kota Yogyakarta itu sejumlah besar banyak pula yang selanjutnya bertandang ke candi itu, sebab letak Candi Borobudur yang benar-benar dekat sama Kota Yogyakarta. Jadi tidak aneh bila beberapa orang menduga jika letak Candi Borobudur masih ada di teritori Wilayah Spesial Yogyakarta.

Dengan cara geografis letak Candi Borobudur ada di daerah Provinsi Jawa Tengah, persisnya di Jalan Badrawati, Desa Borobudur, Kabupaten Magelang. Tempat Candi Borobudur ada di teritori Kota Magelang yang jaraknya tidak demikian jauh dari Kota Yogyakarta. Untuk berkunjung ke obyek wisata di Jawa Tengah yang ini, kita dapat tempuh beberapa jalur dari kota paling dekat dengan memakai beberapa model angkutan umum atau kendaraan pribadi.

Kota-kota besar yang ada terdekat dengan Candi Borobudur yakni Kota Yogyakarta dibagian samping selatan. Selanjutnya ada juga Kota Semarang yang ada cukup sedikit jauh dibagian utara. Kota Solo sedikit cukup jauh di samping timur.

Untuk dapat nikmati semua keelokan candi Buddha paling besar di Indonesia ini pengunjung harus bayar harga ticket masuk Candi Borobudur. Buat wisatawan domestik anda tak perlu cemas sebab ticket masuk Borobudur yang perlu dibayarkan masih cukup dapat dijangkau. Ticket masuk Borobudur sendiri dipisah jadi beberapa kelompok, misalnya domestik serta luar negeri. Harga ticket masuk Candi Borobudur untuk pelancong domestik semakin lebih murah dibanding ticket Borobudur untuk pelancong di luar negeri.

Di bawah ini kumpulan harga ticket masuk Candi Borobudur spesial untuk ticket sekali jalan:

Kecuali untuk satu tempat sekali jalan (harga ticket masuk Candi Borobudur saja), pengelola Taman Wisata candi Borobudur menyadiakan ticket dapalam bentuk paket. Untuk ticket paket ini ticket masuk Borobudur akan di-bundling dengan ticket masuk dalam candi yang lain yakni Candi Prambanan serta Candi Ratu Boko. Harga yang ditawarkan lumayan menarik, dengan semua fasilitasnya.

Candi Borobudur belum pernah sepi dengan pengunjung sebab harga ticket masuk Candi Borobudur yang termasuk cukuplah dapat dijangkau. Khususnya di hari-hari besar atau hari libur nasional obyek wisata di Jateng yang ini memang tetap sarat dengan pelancong. Mereka yang tiba dapat dari dalam negeri atau dari beberapa negara lain.

Buat anda yang sedang bertandang ke sejumlah obyek wisata di Yogyakarta serta sekelilingnya anda dapat sekaligus bertandang ke Candi Borobudur ini. Sehari-harinya Candi Borobudur dibuka untuk umum pada jam 06.00 WIB, serta ditutup pada jam 05.00 WIB di sore hari. Jadi ada cukup waktu buat anda untuk nikmati keeksotisan candi termegah di Indonesia ini.